Comments

Recent

Bottom Ad [Post Page]

Search This Blog

Archive

Select Your Language

Full width home advertisement

Popular

Travel Highlight

Culiner Highlight

Author Description

hello welcome to my blog. thank you for your visit, don't forget to share if you think it's useful. we always open criticism and suggestions, submit your criticism and suggestions through the comments column

Post Page Advertisement [Top]

Sunday 29 April 2018

Wisata Candi Gedong Songo Semarang

Wisata Candi Gedong Songo Semarang merupakan salah satu Objek Wisata di Bandungan yang berupa situs peninggalan umat Hindu yang dibangun pada pertengahan abad 9. Candi ini seperti namanya (songo yang artinya sembilan) sebetulnya terdiri dari sembilan bangunan candi yang tersebar di lereng gunung ungaran namun sekarang hanya tersisa lima buah candi saja.
Candi yang ditemukan oleh seseorang berkebangsaan Inggris bernama Thomas Stamford Raffless pada tahun 1804 ini berada di ketinggian sekitar 1200 meter di atas permukaan laut sehingga suhu udara di area ini cukup dingin (berkisar antara 19-27 derajat celcius) dan sesekali kabut tipis turun dari gunung.
Dari candi ke candi kita tidak akan merasakan lelah selama diperjalanan karena disuguhkan pemandangan alam dengan lereng gunung yang indah serta udara yang sejuk dan menyegarkan. Jadi sangat direkomendasikan sekali bagi Anda yang ingin berlibur bersama keluarga dan orang terdekat.
 Lokasi dan Rute Candi Gedong Songo
Candi Gedong Songo terletak di desa Candi kecamatan Bandungan kabupaten Semarang Jawa Tengah. Lokasi candi Gedong Songo dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor dan mobil bahkan kendaraan besar seperti bis dengan jalanan yang naik dan kemiringannya sangat tajam (rata-rata mencapai 40 derajat). Diperlukan perjalanan sekitar 40 menit dari Kota Ambarawa atau sekitar 10 menit dari objek wisata Bandungan. Anda juga bisa menggunakan jasa ojek hingga ke pintu masuk area wisata. Dan jangan khawatir dengan kembalinya, karena banyak tukang ojek yang ngetem di depan loket masuk yang siap mengantarkan Anda turun.
Atau  gunakan maps dari google bagi yang belum mengetahui rute menuju wisata ini
Jam Buka dan Harga Tiket Masuk
Candi Gedong Songo mulai dibuka jam 06.00 dan tutup pada pukul 17.00 wib. Sedangkan harga tiket masuk ke area objek wisata Gedong Songo:
  • Wisatawan Domestik Rp.6.000,- (Senin s/d Jumat) dan Rp.7.500,- (weekend & libur nasional)
  • Wisatawan Mancanegara Rp. 35.000,- sekitar US$ 3

Galeri Candi Gedong Songo

Di bawah ini merupakan gambar-gambar terbaik di wisata ini



Aktivitas Wisata yang bisa dilakukan
  • Trekking dari candi Gedong 1 hingga Gedong 5 sembari menikmati indahnya pemandangan hamparan hutan pinus yang hijau dan tertata rapi. Anda juga bisa menyewa kuda untuk mengitari candi dari candi pertama hingga terakhir dengan harga yang bervariatif tergantung berat badan, jarak tempuh dan hari berkunjung. Berikut kisaran harganya:
    – Wisata Desa Rp. 25.000,-
    – Sampai pemandian air panas Rp. 40.000,-
    – Sampai candi Gedong dua Rp. 30.000,-
    – Paket candi Songo Rp 50.000,-
  • Di sekitar area wisata, terdapat area camping ground (area perkemahan) yang dapat dijadikan untuk mengadakan kegiatan camping.
  • Menikmati hangatnya berendam di pemandian air panas yang mengandung belerang yang dipercaya secara klinis dapat mengobati penyakit kulit.
  • Selain untuk kegiatan wisata, keindahan suasana alam Candi Gedong Songo sering dijadikan sebagai tempat untuk foto Pre Wedding.
 Fasilitas di Sekitar Candi Gedong Songo
  1. Hotel dan Penginapan
    Terdapat banyak penginapan di sekitar objek wisata Candi Gedong Songo. Anda juga memilih untuk menginap di area wisata Bandungan karena di sana terdapat banyak hotel dari melati hingga hotel berbintang menyesuaikan dengan kocek Anda.
  2. Rumah Makan
    Untuk urusan perut, Anda tidak perlu khawatir karena banyak penduduk lokal yang menjajakan makanan baik di kios semi permanen di sekitar area lokasi maupun yang berdagang secara asongan (berkeliling) hingga di candi terakhir.
  3. Toilet
    Di beberapa titik Anda juga bisa menemukan toilet umum dengan donasi seperti pada umumnya.
  4. Area Parkir
    Pada hari libur biasa, area ini mampu menampung kendaraan para wisawatan yang datang tanpa harus mengantri panjang. Tapi pada hari libur panjang (long weekend, libur sekolah, libur hari raya) bisa overload. Pengujung yang datang pada hari libur panjang tersebut, diharapkan berhati-hati karena untuk bisa parkir saja kita harus mengantri hingga kadang 1 jam lamanya di medan yang menanjak sehingga kadang ada saja mobil yang melorot dan menabrak mobil di belakangnya atau kampas koplingnya terbakar.
  5. Tempat Ibadah
    Di sana juga terdapat musholla yang bisa digunakan oleh para pengunjung yang beragam Islam untuk menunaikan shalat wajib.
Tips berwisata ke Objek Wisata Candi Gedong Songo
  • Jika Anda ingin naik sampai candi ke 5, lebih baik menyewa kuda terutama bagi yang sudah usia lanjut ataupun datang bersama dengan anak-anak agar Anda tidak lelah menggendong.
  • Usahakan datang pada musim panas atau siang hari karena kabut belum turun jadi kita bisa melihat pemandangan dengan bebas.
  • Jika Anda memilih untuk berjalan kaki, usahakan menggunakan alas kaki yang nyaman untuk mendaki. Jadi jangan gunakan high heel.
Demikian ulasan tentang Wisata Candi Gedong Songo Semarang, jangan lupa share momen terbaikmu di sini dengan mengupload foto kamu di media sosial instagram
Apabila ada kritik saran atau mau menambahkan silahkan berkomentar di kolom komentar di bawah ini





No comments:
Write komentar

Berlangganan
Untuk mendapatkan hal baru !